Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Diterima

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Supaya cepat diterima sebagai karyawan pada perusahaan atau lembaga terkenal, tentunya tak boleh sembarangan dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang hendak digunakan untuk melamar. Sebagai generasi milenial yang hendak melamar pekerjaan, tentunya Anda harus lebih baik dalam menunjukkan personal diri melalui sajian surat lamaran yang terstruktur dan menarik. Pasalnya kini sudah banyak contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda akses dengan mudahnya sebagai acuan dalam membuat surat lamaran.

Salah satu faktor yang membuat banyak orang gagal untuk menjadi karyawan di sebuah perusahaan lainnya adalah kurangnya kepekaan diri dalam mengetahui potensi diri yang dimiliki. Sehingga hal ini akan membuat kinerjanya kurang optimal dan tidak sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan. Oleh karenanya sebelum melamar pekerjaan alangkah lebih baiknya kenali potensi diri terlebih dahulu dan pilihlah pekerjaan yang sesaui dengan minat atau passion Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Jikalau potensi yang ada dalam diri Anda terakui dengan sebuah sertifikat khusus, tentunya hal tersebut dapat Anda sertakan pada lampiran Curiculum Vitae atau CV. Nah nantinya keberadaan sertifikat khusus tersebut mampu menjadi nilai tambah sekaligus meyakinkan perusahaan akan potensi diri yang Anda miliki. Setelah itu barulah Anda membuat surat lamaran sesuai dengan contoh surat lamaran kerja dibawah ini.

Hal yang wajib diperhatikan pada contoh surat lamaran pekerjaan

Supaya surat lamaran pekerjaan yang dibuat menarik dan maksimal, alangkah lebih baiknya jikalau perhatikan beberapa hal-hal tersebut dibawah ini.

Pasalnya pada artikel ini kami akan mengulas mengenai beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan sesuai dengan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Penasaran apa saja hal yang wajib diperhatikan? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

1. Format Penulisan

Format Penulisan

Tanpa disadari bahwasannya surat lamaran yang sempurna akan mempengaruhi hasil akhir saat melamar sebuah pekerjaan. Pasalnya keberadaan surat lamaran pekerjaan ini merupakan sarana yang penting untuk memperkenalan diri serta potensi yang Anda miliki untuk menjabat posisi yang diinginkan.

Oleh karenanya supaya surat lamaran pekerjaan Anda menarik maka susunlah format penulisan sesuai dengan kaidah ketatabahasaan yang baik dan benar. Jangan lupa untuk menuliskan kop surat serta kepala surat, sebab aspek tersebut merupakan item yang penting saat membuat surat lamaran pekerjaan. Baca juga ya mengenai contoh surat penawaran supaya barang dan jasa anda cepat laku dan mudah dikenali orang.

2. Hindari coretan dan bekas dihapus

Meskipun hanya kesalahan sepele, namun hal tersebut mampu merusak reputasi Anda sebagai calon karyawan. Pasalnya perusahan akan menilai Anda sebagai pribadi yang tidak disiplin, berantakan dan tidak bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu sebelum surat lamaran pekerjaan dikirim telitilah berkali-kali supaya tak ada tulisan yang salah.

3. Gunakan Bahasa Yang Jelas dan Simpel

Gunakan Bahasa Yang Jelas dan Simpel

Jangan tampilkan sisi ambius pada saat Anda menjelaskan minat kedalam surat lamaran yang dibuat. Upayakan untuk memilih bahasa yang jelas dan simpel sehingga tulisan Anda mudah dipahami oleh pembaca. Tak hanya itu pemilihan bahasa yang to teh point dan tidak bertele-tele akan memberikan kesan elegan pada tulisan sehingga akan mengangkat reputasi Anda.

4. Jangan Copy Paste Tulisan di Internet

Meskipun banyak sekali contoh surat lamaran kerja di internet yang dapat dengan mudah Anda akses.Namun bukan berarti dokumen surat lamaran yang Anda ajukan mengambilnya dari internet secara langsung. Pasalnya selain tidak tepat tentunya akan menjadi masalah besar, karena surat lamaran tersebut merupakan representasi diri sendiri.

5. Menjelaskan Kelebihan

Menjelaskan Kelebihan

Terkadang banyak orang yang justru takut ketika melamar pekerjaan karena seringnya menerima tolakan pekerjaan. Namun sebagai generasi milenial yang cerdas Anda tak perlu takut untuk menceritakan kelebihan potensi diri yang dimiliki terhadap bidang pekerjaan yang terkait. Pasalnya hal tersebut mampu memberikan nilai tambah tersendiri bagi Anda untuk menempati posisi tersebut.

Bagaimana apakah sudah memiliki gambaran secara umum akan surat lamaran pekerjaan yang baik sesaui dengan contoh surat lamaran kerja tersebut diatas? Itulah tadi penjelasan singkat terkait contoh lamaran kerja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

About the Author

Miranda Septia
Berbagi itu penting, apalagi berbagi ilmu yang bermanfaat. Keep sharing ya!

Be the first to comment on "Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Diterima"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*