Contoh Teks Anekdot Lengkap Beserta Penjelasan Strukturnya

Contoh Teks Anekdot

Mungkin bagi sebagian orang istilah teks anekdot cukup familiar sekali terdengar di telinga kita. Pasalnya teks anekdot ini sering digunakan untuk menyindir seseorang namun dengan pemilihan diksi yang mengandung humor sehingga akan memicu gelak tawa siapapun yang membaca atau mendengarnya.

Biasanya contoh teks anekdot ini kerap digunakan sebagai alat untuk menceritakan sesuatu hal yang berkaitan dengan pendidikan, sosial, layanan publik, politik serta berbagai hal lainnya. Meskipun contoh teks anekdot ini terselip beberapa klausa sindiran kepada beberapa pihak tertentu. Namun sebenarnya tujuan dari adanya teks anekdot ini untuk mencairkan suasana supaya kembali riang sekaligus membangkitkan gelak tawa audiens.

Sama seperti contoh teks lainnya, teks anekdot yang akan kami ulas di bawah ini juga hadir dengan struktur dan kaidah sesuai dengan ciri teks anekdot tersendiri. Pasalnya dalam sebuah kalimat atau teks kaidah struktur ketatabahasaan merupakan hal yang sangat vital. Tak heran jikalau hal ini sangat ditekankan sekali dalam membuat sebuah teks termasuk didalamnya adalah teks anekdot.

Struktur dan Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot

Nah tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini akan kami sajikan struktur contoh teks anekdot yang dapat Anda pelajari dengan seksama supaya teks anekdot yang Anda buat sesuai dengan fungsinya. Inilah penjelasannya untuk Anda.

1. Abstraksi

Struktur pembentuk teks anekdot yang pertama adalah abstraksi. Struktur ini merupakan bagian awalan yang biasanya menceritakan tentang gambaran kisah yang hendak disajikan. Pada tahap ini biasanya akan tersaji hal-hal yang unik dan menarik dalam sebuah teks anekdot tersebut.

Nah berikut ini adalah contoh teks anekdot jikalau tersaji pada struktur abstraksi: “Pada suatu ketika, ada tukang tempe yang sedang berjualan dari pagi buta hingga siang hari. Biasanya ketika jam telah menginjak pukul 12 siang, pedagang tersebut melewati perlintasan rel kereta api supaya cepat mencapai tujuan lokasi dagangnya tersebut”.

2. Orientasi

Selanjutnya struktur pembentuk teks anekdot yang kedua adalah orientasi. Nah pada bagian ini penulis harus menjelaskannya secara detail dan runtut supaya mudah dipahami. Nah contoh teks anekdot untuk struktur orientasi masih yang merujuk pada abstrak tersebut diatas adalah “Biasanya pembeli tempe akan membelinya di sebelah sisi rel kereta api”.

3. Krisis

Sesuai dengan namanya struktur pembentuk teks anekdot selanjutnya adalah krisis. Nah pada tahap ini biasanya penulis menyajikan sesuatu masalah yang menarik dan unik dimana masalah yang tersaji tersebut biasanya tidak akan pernah muncul dikehidupan nyata.

Jikalau merujuk lanjutan teks anekdot tersebut diatas, maka contoh teks anekdot pada struktur krisis ini adalah “Melihat tukang tempe tersebut mengibarkan bendera merah pada perlintasan kereta api , maka masinis kereta dengan sigap langsung menginjak pedal rem dengan kerasnya”.

4. Reaksi

Dalam membuat teks anekdot memang harus meliputi tentang beberapa struktur pembentuknya sehingga akan menciptakan sebuah teks anekdot yang sesuai dengan kaidah. Tak cukup sampai disitu saja, dalam membuat teks anekdot ini juga harus ada klausa yang menunjukkan bahawasannya kalimat tersebut merupakan unsur pembentuk dari struktur reaksi.

Pada tahap ini biasanya penulis memberikan solusi berupa pemecahan masalah tentang masalah yang ditampilkan dalam teks anekdot tersebut. Masih merujuk pada bacaan teks anekdot diatas masinis menanggapi penjual tempe yang melintasi perlintasan rel kereta api tersebut dengan bertanya “Ada apa pak?”.

5. Koda

Koda merupakan teks anekdot yang biasanya terletak pada bagian akhir dalam sebuah cerita yang dibawakan. Umumnya pada bagian ini akan menceritakan tentang kesimpulan dari peristiwa atau kejadian yang telah dialami oleh para tokoh tersebut.

Contoh teks anekdot lanjutan dari kesimpulan cerita diatas adalah “Masinis marah dan turun dari kereta api untuk memukul penjual tempe yang melintas”

Nah itulah tadi contoh teks anekdot lengkap dengan struktur pembentuknya yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk memberikan wawasan baru ketika membuat teks anekdot sesuai dengan kaidah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About the Author

Miranda Septia
Berbagi itu penting, apalagi berbagi ilmu yang bermanfaat. Keep sharing ya!

Be the first to comment on "Contoh Teks Anekdot Lengkap Beserta Penjelasan Strukturnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*