Contoh Teks Eksplanasi Beserta Pengertian, Ciri, dan Struktunya

Contoh Teks Eksplanasi

Saat ini terdapat banyak sekali teks yang bisa kita baca sehari-hari termasuk salah satunya ialah teks eksplanasi. Biasanya materi teks ini banyak muncul di K13 terutama untuk kelas VII. Teks eksplanasi biasanya digunakan untuk memberikan penjelasan kenapa suatu peristiwa atau fenomena dapat terjadi. Baik itu seperti peristiwa sosial, buadaya, bahkan alam sekalipun.

Teks eksplanasi memang terbilang sedikit lebih rumit jika dibandingkan jenis teks lain pada umumnya, karena membutuhkan kemampuan khusus dan harus benar-benar memahami materinya.

Oleh sebab itu, tak jarang banyak orang yang kesulitan ketika membuat teks ini. Nah tak perlu bingung, berikut kami akan share mengenai contoh teks eksplanasi terbaik yang bisa Anda lihat. Namun sebelum itu, ada baiknya ketahui dulu mengenai pengertian, ciri, dan strukturnya berikut.

Pengertian Teks Eksplanasi

Dilihat dari asal katanya, eksplanasi memiliki artian memberikan penjelasan. Teks eksplanasi merupakan teks yang dibuat bertujuan untuk memberikan penjelasan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi atau hubungan antara sebab dan akibat dalam suatu kejadian tertentu.

Menurut Restuti, teks eksplanasi dapat kita gunakan untuk menjelaskan berbagai macam fenomena baik sosial ataupun fenomena alam yang terjadi di sekitar kita. Kemudian menurut Mahsun, teks eksplanasi mengandung beberapa bagian antara lain pernyataan umum, penjelas, dan interpretasi.

Berdasarkan pendapat diatas dapat dikembangkan teks eksplanasi dengan struktur yang lebih jelas. Dalam perkembangannya pun, teks eksplanasi juga dapat disusun berdasarkan fenomena sosial, budata, dan fenomena lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  1. Memuat informasi sesuai dengan fakta atau kenyataannya
  2. Fakta mengenai informasi yang terdapat pada teks eksplanasi memiliki sifat ilmiah atau ilmu pengetahuan
  3. Memiliki tiga struktur yang antara lain pernyataan umum, sebab-akibat, sampai dengan intrepretasi

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan umum: berisi penjelasan mengenai suatu topik dan proses yang terbentuk dari proses terjadinya suatu peristiwa tersebut.
  2. Sebab akibat: berisi suatu peristiwa yang disusun secara bertahap mulai dari awal sampai dengan akhir.
  3. Interprestasi: berisi mengenai kesimpulan dari teks eksplanasi.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

  1. Terdapat istilah ilmiah
  2. Pembahasan materi dalam teks bersifat umum. Atau, tidak mengikutsertakan partisipan tentang manusia
  3. Penulis teks eksplanasi benar-benar membuat teks tersebut seperti fakta yang benar terjadi pada peristiwa tersebut
  4. Teks menggunakan kalimat pasif
  5. Mengandung konjungsi kausal dan waktu
  6. Menggunakan kata kerja lebih sering relasional dan material.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan suatu fenomena alam yang disebabkan karena adanya pergerakan lapisan batu bumi. Getaran gempa biasanya berasal dari permukaan bumi. Terdapat beberapa daerah tertentu yang memang sering mengalami gempa. Daerah-daerah tersebut ialah daerah gunung berapi aktif atau bisa juga di daerah sepanjang laut luas. Termasuk Indonesia yang memiliki banyak gunung.

Penjelasan sebab-akibat:

Menurut penyebab terjadinya, gempa bumi dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu gempa bumi vulkanik dan gempa bumi tektonik. Penyebab gempa vulkanik ialah karena gunung berapi yang memiliki ukuran besar sedang meletus.

Gempa vulkanik jarang terjadi dibandingkan gempa tektonik. Sementara itu gempa tektonik dapat terjadi karena adanya pergerakan lempeng bumi. Gempa ini memiliki besaran yang bervariasi, tapi rata-rata tidak menimbulkan kerusakan.

Menurut teori Plate, bumi kita memiliki beberapa lapisan buatan yang menjadi bagian dari bumi. Kebanyakan lapisan tersebut mengapung seperti salju. Pergerakannya pun begitu pelan sehingg satu sama lain bisa saling bertabrakan. Hal demikian inilah yang menyebabkan gempa bumi.

Interpretasi

Gempa bumi dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, terutama daerah yang dilewati oleh lempeng pasifik, karena sebagian besar daerah tersebut dikeliling oleh gunung berapi maka disebut juga dengan lingkaran api.

Bagaimana, sudah paham mengenai contoh teks eksplanasi?

Selain bencana alam, kalian pun dapat membuat sendiri teks eksplanasi topik lain. Mulai dari fenomena sosial, budaya, politik, dan masih banyak lagi. Sekian ulasan mengenai teks eksplanasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

About the Author

Miranda Septia
Berbagi itu penting, apalagi berbagi ilmu yang bermanfaat. Keep sharing ya!

Be the first to comment on "Contoh Teks Eksplanasi Beserta Pengertian, Ciri, dan Struktunya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*