Tata Cara Sholat Subuh Lengkap Niat Berserta Bacaannya

Doa Sholat Subuh

Mengerjakan sholat lima kali dalam satu hari bukan hanya sekedar kewajiban bagi setiap umat muslim yang apabila dilaksanakan akan mendapat pahala pun sebaliknya jikalau sebagai umat muslim yang sudah baligh tidak mendirikan sholat ia akan dimasukkan kedalam neraka jahanam. Namun bagi seluruh insan manusia yang beragama muslim sholat sudah menjadi kebutuhan rohani dan jasmani yang wajib untuk dipenuhi. Bahkan melalui sholat yang dilaksanakan lima kali dalam sehari ini dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta alam semesta yaitu Allah SWT.

Dari kelima sholat fardhu lainnya, sholat subuh memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikulik secara mendalam, baik keutamaan maupun tata cara sholat subuh lengkap dengan niat dan bacaan doanya. Pasalnya selain terdapat doa qunut, dalam sholat subuh ini juga terselip waktu yang tidak semua orang bisa untuk melaksanakannya. Tak hanya itu melaksanakan sholat subuh pada waktu yang tepat juga akan membukakan pintu rejeki serta mengabulkan segala hajat atau harapan yang diinginkan. Melihat begitu banyak keajaiban dan keutamaan sholat subuh, tak heran jikalau kini sudah banyak sekali masjid yang menggalakan sholat subuh berjamaah.

Supaya sholat subuh yang Anda kerjakan sempurna dan diterima oleh Allah, alangkah lebih baiknya jikalau perhatikan terlebih dahulu langkah-langkah melaksanakan sholat subuh yang baik dan benar baik dalam gerakan hingga bacaan sholatnya berikut ini. Tak perlu berlama-lama lagi berikut akan kami sajikan tata cara sholat subuh yang baik dan benar sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW lengkap beserta bacaan doanya.

Prosedur Tata Cara Melaksanakan Sholat Subuh

Sholat yang memiliki banyak keistimewaan ini biasanya dikerjakan sebelum matahari terbit atau kira-kira sekitar pukul 04.45 pagi hari. Jumlah rekaatnya pun hanya 2 rekaat saja, namun meskipun jumlah rekaat sholat subuh lebih sedikit dibanding jumlah rekaat sholat fardhu lainnya sholat subuh memiliki banyak sekali keutamaan dan keistimewaan.

Oleh karenannya jikalau ingin mendapatkan keutamaan yang dimiliki oleh sholat subuh laksanakan pada waktu yang tepat dan tata cara sholat subuh yang baik dan benar. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Niat

Sebelum melaksanakan sholat baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah lainnya setiap muslim yang hendak melaksanakan sholat haruslah senantiasa melafazkan niat di dalam hatinya. Seperti ketika hendak sholat subuh, seorang muslim biasanya akan menyerukan doa niat sholat subuh dalam hari sembari takbiratul ikhram. Berikut adalah bacaan niat doa sholat subuh.

Niat Sholat Subuh

“USHOLLI FARDHOS SHUBHI RAK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA’MUUMAN/IMAAMAN LILLAAHI TA’AALAA”

Artinya: “Aku berniat shalat fardhu Shubuh dua rekaat menghadap kiblat sebagai ma’mum/imam karena Allah Ta’ala”.

2. Setelah bacaan niat sholat subuh selesai terlafazkan maka selanjutnya membaca doa iftitah.

3. Selanjutnya diimbangi pula dengan bacaan doa Al-Fatihah. Al Fatihah merupakan surah yang wajib dilantunkan ketika mengerjakan sholat baik itu sholat fardhu maupun sholat sunnah lainnya. Oleh karenanya ketika mengerjakan sholat subuh jangan lupa untuk membaca doa Al-Fatihah.

4. Kemudian membaca salah satu bacaan surah yang ada di dalam Al-Quran.

5. Setelah itu barulah melakukan gerakan rukuk serta membaca bacaannya.

6. Lalu dilanjutkan kembali dengan ‘itidal atau berdiri dari rukuk sembari membaca bacaannya.

7. Kemudian rukuk sembari membaca bacaan doa rukuk.

8. Setelah itu barulah duduk diantara dua sujud sembari membaca doanya.

9. Lalu sujud kembali sembari membaca bacaan doa sujud.

10. Kemudian berdiri kembali untuk melaksanakan rekaat kedua.

Pada rakaat kedua nantinya doa dan gerakan sama seperti rekaat kedua. Hanya saja pada rekaat kedua ketika ’itidal harus membaca doa qunut. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan dan bacaan doa yang sama dengan rekaat pertama.

Doa qunut subuh

11. Jangan lupa untuk mengakhiri sholat dengan bacaan salam dengan sempurna.

Jangan Lupa untuk Khusyu’ dalam Sholat

Seiring dengan kesibukan yang kian menumpuk dan bertambahnya urusan dunia membuat kita sangat kesulitan mendapatkan khusyu’ dalam sholat kita. Perlu anda ketahui bahwa sholat merupakan induk dari ibadah-ibadah yang lain, dimana jika sholat kita saja tidak benar dan naudzubillah sampai tidak diterima oleh Allah, maka ibadah-ibadah kita yang lain juga akan bermasalah. Dengan kata lain, sholat merupakan tiang ibadah.

Cukup satu kunci khusyu’ dalam sholat yakni kontentrasi. Perlu anda garis bawahi, tips mendapatkan khusyu’ berikut ini tidak akan pernah work jika sejak melaksanakan sholat, anda tidak konsentrasi dan menjalankan sholat ala kadarnya, atau naudzubillah hanya untuk formalitas saja sekedar menjalankan ibadah wajib.

Oleh karena itu, ketika memulai sholat, kondisikan akal dan pikiran anda agar tenang dan tinggalkan sejenak urusan dunia. Disarankan ketika melaksanakan sholat, usahakan sholat secara berjamaah jika melakukan sholat wajib namun jika sholat sunnah seperti sholat dhuha, tahajud dan hajat boleh dillakukan di rumah. Setelah anda memahami beberapa hal diatas, silakan simak tips-tips agar mendapat khusyu’ dalam sholat :

  1. Melepas alas kaki : lepaskan rasa lelah dan penat pada diri anda dan lupakan urusan dunia untuk sejenak beserta lepaskan juga alas kaki.
  2. Jangan sampai lupa mengucapkan takbir, ingatlah bahwa tidak ada yang lebih agung kecuali Dzat Sang Maha Kuasa, yakni Allah.
  3. Mengangkat kedua tangan anda (sebelu takbir) : Sekali lagi, buang sejenak urusan duniawi anda dan fokus untuk berkonsentrasi dalam sholat anda.
  4. Berdiri : Sadar diri bahwa anda saat ini menginjakkan kaki di rumah Allah.
  5. Membaca Al-Fatihah : Setiap anda melukan sholat sudah pasti harus membaca surat Al-Fatihah. Jangan cuman hafal ayatnya saja, pastikan anda juga menghafal terjemahan dari surat tersebut, mudah kok menghafalnya kan termasuk surat yang pendek. Hal ini akan membantu meresapi setiap arti dari ayat-ayat Al-Fatihah.
  6. Ruku’ : Bungkukkan punggung anda hanya kepada Allah, tundukkan hati kemudian berserah dirilah pada Sang Maha Kuasa.
  7. Berdiri dari ruku’ : Segala puji bagi Allah yang Maha Agung yang menjadikan punggung anda tegak kembali.
  8. Sujud : Kemudian letakkan kening anda yang merupakan bagian tubuh yang dianggap mulia dan terhormat di lantai seraya merendah diri kepada Allah. Kemudian ucapkan “Subhaana Rabbiyal a’la” (Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi) sebanyak 3X.
  9. Duduk kemudian lakukan sujud kedua : Bersimpuhlah di hadapan Allah yang Maha Kuasa dan sujudlah kembali kepada-Nya seraya merendahkan diri, ingatlah anda sangatlah kecil di hadapan Allah.
  10. Baca Tasyahud seperti biasanya.
  11. Salam ke kanan dan tujukan kepada malaikat pencatat amal yang baik dan salam kiri sambil berucap dalam hati, “Hai Malaikat yang berada di kiri pundakku, saksikanlah bahwa aku telah taubat”

Disunnahkan bagi kita untuk tidak tidur usai melakukan sholat subuh karena kata pepatah dulu jangan tidur pagi nanti rezeki dipatok ayam. Maka dari itu, silakan lakukan aktivitas seperti biasanya kemudian jika sudah menjelang waktu dhuha (08:00 – 11:00), segera lakukan sholat dhuha. Tata cara sholat dhuha tidak sulit sama sekali.

Demikianlah penjelasan menarik seputar tata cara sholat subuh yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman.

About the Author

Miranda Septia
Berbagi itu penting, apalagi berbagi ilmu yang bermanfaat. Keep sharing ya!

Be the first to comment on "Tata Cara Sholat Subuh Lengkap Niat Berserta Bacaannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*