Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan Lengkapnya

Teknik Dasar Sepak Bola - Featured

Mengingat keberadaan cabang olahraga sepak bola ini mampu diterima di seluruh lapisan masyarakat penjuru dunia, membuatnya menjadi salah satu olahraga yang paling populer untuk saat ini. Bahkan kepopuleran olahraga sepak bola ini hampir dibeberapa wilayah penjuru dunia memiliki liga sepak bola tersendiri. Hingga pada akhirnya dinegara Eropa terdapat sebuah klub sepak bola dimana setiap pemain bola menginginkan bermain untuk membela club tersebut.

Nah supaya cita-cita untuk menjadi bagian dari club-club sepak bola di negara Eropa menjadi kenyataan, bekali diri dengan teknik sepak bola yang baik dan benar. Pasalnya kepiawaian memahami teknik dasar sepak bola ini mampu menentukan kualitas permainan yang akan disajikan.

Teknik Dasar Sepak Bola

Oleh karenanya untuk memupuk kemampuan Anda dalam mencetak sebuah gol ke kandang lawan, pelajari dengan seksama beberapa teknik dasar sepak bola yang baik dan benar dibawah ini. Terutama Anda yang ingin jadi pemain pro.
Beberapa Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

1. Teknik Menendang bola (Kicking)

Teknik Menendang bola

Salah satu karakteristik dalam permainan sepak bola yang paling menonjol dan dominan adalah menendang bola. Namun meskipun menendang atau kicking merupakan salah satu teknik dasar pada sepak bola banyak yang belum mengetahui apa sejatinya tujuan dari menendang bola pada permainan sepak bola. Sebenarnya tujuan menendang bola pada sepak bola ini adalah untuk mengumpan atau passing kepada kawan supaya bola tidak direbut oleh lawan.

Selain itu dengan menendang bola tentunya juga mampu menambah poin ketika tendangan yang Anda lakukan langsung ditembakkan kearah gawang. Meskipun hanya menendang ternyata setiap bagian kaki yang digunakan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Biasanya bagian kaki yang digunakan untuk mengumpan bola jarak pendek menggunakan kaki pagian dalam. Sedangkan jikalau umpanan yang diberikan berjarak panjang maka bisa menggunakan kaki bagian luar.

2. Teknik Menghentikan bola (Stopping)

Selain menendang tentunya menghentikan bola atau stopping juga termasuk dalam teknik dasar sepak bola yang baik dan benar. Biasanya teknik stopping ini dilakukan bersamaan dengan teknik menendang. Salah satu tujuan dari teknik dasar menghentikan bola ini tak lain dan tak bukan adalah untuk mengontrol laju bola supaya nantinya dapat dengan mudah dipasing dan ditembakkan kearah gawang. Dengan menguasai teknik menghentikan bola dengan baik ini Anda juga mampu mengatur tempo dan ritme dalam pertandingan sepak bola.

3. Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola pada dasarnya adalah gerakan putus-putus atau pelan dalam mengonrol laju bola supaya tak mudah direbut oleh pemain lawan. Maka dari itu tak heran jikalau bagian kaki yang digunakan untuk menggirng bola ini serupa dengan bagian kaki yang digunakan untuk menendang bola.

Lantas tahukah Anda apa tujuan adanya teknik dasar sepak bola menggiring bola? Nah tujuan utama penerapan teknik dasar ini pada setiap pertandingan sepak bola adalah untuk mendekatkan jarak sasaran sehingga peluang untuk menembakkan bola kearah gawang menjadi besar. Selain itu dengan menggiring bola Anda juga bisa menghambat permainan lawan untuk melancarkan segala strategi yang dibangun sebelum pertandingan berlangsung.

4. Teknik Mengoper Bola

Dalam permainan sepak bola ini Anda harus bisa bekerja secara tim yang berjumlah 10 orang dilapangan dengan tugas masing-masing dengan tambahan 1 orang sebagai kipper untuk menjaga pertahanan supaya tidak dijebol oleh lawan.

Oleh karenanya Anda bisa menerapkan teknik mengoper bola untuk mendekatkan jarak sasaran ke gawang lawan sebagai tujuan utamanya. Menurut beberapa pendapat juga menyatakan bahwasannya teknik dasar sepak bola dengan mengoper bola ini dirasa lebih efektif dari pada mengandalkan kemampuan individu semata

5. Teknik Menyundul Bola

Teknik Menyundul Bola

Biasanya teknik menyundul bila ini akan diterapkan ketika para pemain tidak mampu untuk menjangkau ketinggian bola. Supata teknik yang lakukan tidak membuat cidera, pastikan posisi tubuh dan waktu loncat untuk menerima bola pada saat yang tepat. Jangan gunakan ubun-ubun untuk menerima bola melainkan gunakanlah dahi untuk menerimanya, sebab biasanya bola yang diumpan memiliki tekanan yang tinggi.

Demikianlah penjelasan lengkap terkait teknik dasar sepak bola yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

About the Author

Miranda Septia
Berbagi itu penting, apalagi berbagi ilmu yang bermanfaat. Keep sharing ya!

Be the first to comment on "Teknik Dasar Sepak Bola Beserta Penjelasan Lengkapnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*