5 Tips Membuat Password Wifi yang Kuat

5 Tips Membuat Password Wifi yang Kuat

1. Buatlah password yang panjang

Tips pertama untuk membuat password wifi yang kuat adalah buatlah password yang panjang. Karena semakin panjang password, maka pertahanannya kemungkinan juga semakin kuat.

Dan hindari juga menggunakan password yang cuku pasaran. Serangan mencuri password yang paling populer adalah Brute-force attack alias serangan brutal. Ini artinya si penyerang akan melakukan percobaan mulai dengan daftar password yang paling umum digunakan atau menggunakan semua kemungkinan kombinasi password.

Semakin panjang password yang Anda buat, maka semakin banyak juga waktu yang dibutuhkan penyerang untuk memecahkannya. Buatlah password dengan jumlah minimal 8 karakter. Tapi, Contohnya seperti ini, “9agcZEM7Hq”. Lebih panjang password Anda, maka lebih bagus.

2. Hindari Password dengan Angka Berurut

Tips berikutnya untuk membuat password menjadi kuat adalah jangan pernah gunakan password apapun dengan nomor atau angka berurut. Misalnya seperti 12345678 atau 87654321. Karena jika menggunakan password seperti itu kemungkinan untuk dibobolnya semakin besar mungkin sekitar 80 persen. Lebih baik Anda menggunakan kombinasi kode agar password Anda tidak mudah dibobol. Pilihlah angka atau nomor secara acak atau Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan huruf. Contohnya, 375Zimbabwe.

Baca Juga : 5 Keuntungan Menggunakan Internet Marketing Bagi Bisnis Anda

3. Gunakan Tiga Kata Acak

Tips membuat password menjadi kuat berikutnya adalah gunakanlah tiga kata secara acak. Anda bisa menggunakan kalimat acak dengan makna yang tidak berhubungan atau berkaitan, misalnya seperti hidungmelayang. Pasalnya dengan menggunakan tiga kata acak seperti itu diklaim memiliki tingkat keamanan yang cukup kuat.

Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan minimal tiga kata untuk mengamankan indentitas, misalnya seperti “sangpenaklukangin”, mungkin password seperti itu bisa menjadi contoh yang baik. Berdasarkan ahli keamanan jaringan, sistem enkripsi membutuhkan waktu selama 35.000 tahun untuk meretas password yang seperti itu. Maka dari itu, gunakanlah password dengan tiga kata acak.

4. Gunakan kombinasi Angka, Huruf atau Kata, dan Simbol

Tips berikutnya untuk membuat password menjadi kuat adalah gunakan kombinasi pada password, bisa menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol. Mungkin passwordnya agak terlihat lebay atau alay, “ih buat password sampe segitunya ah”. Ya, tidak apa – apa, toh buat keamanan kita juga kan.

Karena password yang terdiri atas kombinasi angka, huruf, dan simbol biasanya akan lebih kuat, sehingga akan sulit dibobol. Contoh password yang menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol seperti “195pdg*rumput”. Untuk memecahkan password yang seperti itu, kemungkinan mesin enkripsi akan membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 220 juta tahun. Nah, maka dari itu jangan remehkan password yang menggunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol.

5. Jangan Gunakan Aspek Personal atau Pribadi

Tips terakhir untuk membuat password Anda menjadi kuat dan terjaga adalah jangan pernah gunakan aspek personal atau pribadi. Jangan pernah Anda membuat password yang mudah diingat seperti kata atau angka yang memiliki sifat personal atau pribadi, atau Anda menggunakan kata yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari di internet misalnya seperti tanggal lahir, nama peliharaan, alamat tempat tinggal, nama pasangan, dan lain sebagainya.

Mengapa? Karena itu bukan hal yang tepat. Setiap hacker atau peretas, sebelum meretas akun pasti menelusuri terlebih dahulu latar belakang si korbannya. Maka, jika Anda tetap menggunakan password yang bersifat pribadi, keamanan wifi atau akun Anda dapat diretas dengan mudah oleh si hacker. Itulah alasan kenapa menggunakan pasword seperti itu tidak disarankan.

About the Author

Miranda Septia
Berbagi itu penting, apalagi berbagi ilmu yang bermanfaat. Keep sharing ya!

Be the first to comment on "5 Tips Membuat Password Wifi yang Kuat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*